Jurusan ITS yang Sepi Peminat dan Mudah di Terima

Jurusan ITS yang Sepi Peminat | Jurusan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang sepi peminat dan mudah diterima menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Meskipun ITS terkenal dengan program-program unggulan seperti Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil yang peminatnya selalu tinggi, namun ada juga jurusan yang sepi peminat dan rendah persaingannya.

Faktor-faktor apa yang membuat jurusan-jurusan tersebut kurang diminati? Apakah benar bahwa jurusan ITS yang sepi peminat tersebut memiliki tingkat penerimaan yang lebih mudah? Pada Artikel ini Mimin Remajakampus.com akan memberikan rekomendasi jurusan its yang sepi peminat dengan rinci dan memberikan pandangan yang lebih jelas terkait perbedaan antara jurusan yang populer dan yang kurang diminati di ITS.

Jurusan ITS yang Sepi Peminat

Meskipun ITS adalah salah satu kampus favorit di Indonesia, di ITS juga ada jurusan yang sepi peminatnya. Berikut ini adalah beberapa jurusan yang sepi peminat di ITS menurut Mimin.

1. Fisika

Jurusan ITS yang sepi peminat pertama adalah Fisika. Pada tahun kemaren jumlah peminat jurusan iini ada 172 orang, sedangkan daya tampungnya 172 orang. Dari data tersebut persaingan di ITS pada jurusan fisika hanya 1:2 saja.

Kalian ingin kuliah di ITS tapi bingung milih jurusan? Kalau Kalian bingung memilih jurusan di ITS Mimin sarankan untuk mengambil jurusan fisika ini. Jurusan iini adalah jurusan dengan persaingan paling rendah.

2. Kimia

ITS memang terkenal dalam jurusanTeknik Elektro, Teknik Mesin, dan teknik Sipil, jadi tidak heran kalau jurusan Kimia sepi peminat.

Seperti yagn terjadi pada tahun kemaren, jurusan Kimia hanya ada 187 peminat dan daya tampung jurusan ini 80 orang. Dari data tersebut persaingan untuk jurusan Kimia ini adalah 1:3.

3. Matematika

Meskipun Matematika di ITS merupakan salah satu jurusan yang memiliki sejarah panjang dan penting, jumlah peminatnya menunjukkan tren menurun. Dengan hanya 275 pendaftar dan 80 kuota yang tersedia, rasio penerimaan satu dari tiga calon menjadi mahasiswa menyoroti kurangnya minat terhadap jurusan ini.

4. Biologi

Jurusan ITS yang sepi peminat selanjurnya adlah Biologi. Jurusan ini memiliki daya tampung sebanyak 36 mahasiswa, tetapi hanya menarik minat sebanyak 139 calon mahasiswa. Dari data ini, terlihat bahwa Biologi merupakan salah satu jurusan yang sepi peminat di kampus ini, dengan rasio peminat terhadap daya tampung sekitar 1:4.

5. Teknik Fisika

Teknik Fisika di ITS juga mengalami kondisi serupa, dengan hanya 40 calon mahasiswa yang memilihnya, meskipun memiliki daya tampung sebanyak 170. Rasio peminat terhadap daya tampungnya juga sekitar 1:4, menunjukkan bahwa Teknik Fisika termasuk dalam kategori jurusan yang kurang diminati di ITS.

6. Teknik Transportasi Laut

Jurusan Teknik Transportasi Laut di ITS memiliki daya tampung 10 orang, tetapi hanya menarik minat sebanyak 44 calon mahasiswa. Rasio peminat terhadap daya tampungnya sama-sama sekitar 1:4, menjadikannya sebagai salah satu jurusan yang juga sepi peminat.

Lihat Juga : Akreditasi ITS (Institut teknologi Sepuluh November)

7. Teknik Kelautan

Teknik Kelautan di ITS memiliki daya tampung 24 mahasiswa dan hanya memiliki 106 peminat. Rasio peminat terhadap daya tampungnya juga sekitar 1:4, menunjukkan bahwa Teknik Kelautan termasuk dalam daftar jurusan yang kurang diminati.

8. Desain Produk Industri

Di sisi lain, jurusan Desain Produk Industri di ITS memiliki daya tampung 24 mahasiswa, tetapi menarik minat sebanyak 125 calon mahasiswa, dengan rasio peminat terhadap daya tampung sekitar 1:5. Meskipun termasuk dalam jurusan yang lebih diminati dibandingkan yang lain, Desain Produk Industri masih memiliki daya tampung yang relatif terbatas.

9. Teknik Sistem Perkapalan

Jurusan Teknik Sistem Perkapalan di ITS tergolong dalam kategori yang sepi peminat, dengan hanya 158 calon mahasiswa yang mendaftar pada tahun lalu. Daya tampung jurusan ini adalah 28 orang, sehingga persaingannya adalah 1:6.

10. Teknik Perkapalan

Jurusan Teknik Perkapalan juga termasuk dalam jurusan yang kurang diminati di ITS. Pada tahun sebelumnya, hanya ada 139 peminat untuk jurusan ini, dengan daya tampung 24 orang, sehingga rasio persaingannya adalah 1:6.

11. Teknik Material

Jurusan Teknik Material di ITS memiliki minat yang lebih tinggi dibandingkan dengan jurusan perkapalan, dengan 273 calon mahasiswa yang mendaftar. Namun, daya tampung jurusan ini adalah 40 orang, sehingga persaingannya adalah 1:7.

12. Teknik Geomatika

Jurusan Teknik Geomatika di ITS juga termasuk dalam kategori sepi peminat, dengan hanya 214 peminat pada tahun sebelumnya. Daya tampung jurusan ini adalah 30 orang, sehingga persaingannya adalah 1:7.

13. Studi Pembangunan

Jurusan ITS yang sepi peminat yang terakhir ada Studi Pembangunan. Jurusan ini memiliki daya tarik yang terbatas, dengan hanya 83 calon mahasiswa yang mendaftar pada tahun sebelumnya. Meskipun jumlah daya tampung hanya 20 orang, persaingan untuk jurusan ini adalah 1:4.

Lihat juga : Biaya Kuliah ITS Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

Faktor Jurusan Sepi Peminat

Berikut adalah faktor-faktor yang menyebabkan adanya jurusan ITS yang sepi peminat menurut Mimin:

Kurangnya Informasi tentang Peluang Karir

Calon mahasiswa mungkin kurang mendapatkan informasi yang memadai tentang peluang karir yang dapat diikuti setelah lulus dari jurusan-jurusan tertentu di ITS, sehingga mereka cenderung memilih jurusan yang lebih familiar.

Bukan Jurusan Utama di ITS

Beberapa jurusan ITS yang sepi peminat mungkin bukan jurusan unggulan atau utama yang sering disebut dalam publikasi dan promosi universitas, sehingga kurang mendapatkan perhatian dari calon mahasiswa.

Kemungkinan Minat yang Bersifat Siklus

Minat calon mahasiswa terhadap jurusan tertentu dapat bersifat siklus, dan faktor-faktor eksternal seperti tren pekerjaan atau perubahan kebutuhan industri juga dapat memengaruhi minat mereka terhadap jurusan tertentu.

Kurangnya Promosi Jurusan

Jurusan-jurusan yang sepi peminat mungkin kurang mendapatkan promosi yang memadai dari pihak universitas, baik dalam bentuk kegiatan promosi maupun informasi tentang capaian dan peluang yang ditawarkan oleh jurusan tersebut.

Cukup sampai di sini Informasi jurusan ITB yang sepi peminat dari Mimin. Semoga bermanfaat untuk Kalian calon mahasiswa ITS yang bingung memilih jurusan. Semoga Sukses!

Tinggalkan komentar