Passing Grade UIN RADEN MAS SAID Update

Passing Grade UIN RADEN MAS SAID – Siapa di sini yang lagi kepoin update terbaru seputar Passing Grade UIN RADEN MAS SAID? Nah, tenang aja, mimin udah siapin informasi terkini buat kalian semua.

Gak bisa dipungkiri, ngebahas soal passing grade itu kayak ngeliat roller coaster, kadang bikin deg-degan, kadang bikin senyum lebar.

Jadi, simak terus artikel ini ya, karena mimin Remajakampus.com bakal bawain info segar seputar passing grade di kampus UIN RADEN MAS SAID.

Siap-siap buat terima kabar baik atau mungkin juga kabar yang bikin deg-degan, tapi yakin deh, kita hadapin bareng-bareng!

Yuk, langsung aja scroll ke bawah untuk dapetin update terkini.

Profil UIN Raden Mas Said Surakarta

Sejarah Singkat

Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta (UIN RMS) Surakarta, dahulu bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Surakarta yang didirikan pada 1 Juli 1997. Kemudian, STAIN Surakarta berubah status menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta pada tahun 2004.

Pada tahun 2021, IAIN Surakarta resmi bertransformasi menjadi UIN Raden Mas Said Surakarta berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2021 tanggal 11 Mei 2021. Nama UIN Surakarta diambil dari nama asli Mangkunegara I, seorang pendiri sekaligus Adipati pertama dari Praja Mangkunegaran Surakarta dan Pahlawan Nasional Indonesia.

Lokasi

UIN Raden Mas Said Surakarta terletak di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, tepatnya di:

  • Kampus 1: Jl. Pandawa, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo
  • Kampus 2: Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo, Kentingan, Jebres, Surakarta

Visi dan Misi

Visi:

  • Menjadi Universitas Islam yang unggul, kompetitif, dan berwawasan global dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berlandaskan keislaman dan budaya Jawa.

Misi:

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dan berdaya saing dalam bidang ilmu agama, sains, dan teknologi.
  • Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif dan berwawasan global.
  • Melestarikan dan mengembangkan budaya Jawa yang berlandaskan nilai-nilai Islam.

Baca Juga : Passing Grade UIN BANTEN

Passing Grade UIN RADEN MAS SAID

Passing grade itu tuh kayak nilai dasar buat bisa lulus gitu. Jadi, pokoknya kalian harus dapetin nilai setidaknya segitu deh biar bisa lulus.

Mimin mau kasih tau nih, UIN RADEN MAS SAID sama Kemendikbud biasanya nggak pernah ngasih tau soal data ini, mungkin karena alasan-alasan tertentu gitu.

Nah, ini nih, daftar passing grade UIN RADEN MAS SAID buat kalian yang lagi mau daftar masuk ke kampus. Ini data passing grade UIN RADEN MAS SAID buat jalur SNBT:

Tabel Passing Grade UIN RADEN MAS SAID

Program StudiJenjangDaya TampungPeminatKeketatan
Ilmu LingkunganS1281111 : 4
Teknologi PanganS1281121 : 4
Sains DataS114(Prodi Baru)1 : 0
BioteknologiS114(Prodi Baru)1 : 0

Cara Membaca Passing Grade UIN RADEN MAS SAID

Kalian masih ada yang bingung melihat passing grade UIN RADEN MAS SAID? Tenang, mimin akan memberikan contoh biar gk bingung.

Kita ambil contoh prodi “Teknologi Pangan” pada jenjang S1.

Berdasarkan data passing grade di tabel di atas, kita bisa menyimpulkan seperti ini:

Jurusan “Teknologi Pangan” punya daya tampung sebanyak “28” dan peminatnya “112”, jadi persaingannya sekitar “1 : 4.

Dari “112” pendaftar, ada “28” calon mahasiswa yang diterima di jurusan ini.

Baca Juga : Passing Grade UIN WALISONGO

Faktor yang Mempengaruhi Passing Grade

Ada beberapa hal yang sangat mempengaruhi passing grade UIN RADEN MAS SAID. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi passing grade :

1. Peminat Jurusan

Jadi ceritanya begini, kalo ada jurusan yang lagi jadi bintang di UIN RADEN MAS SAID, misalnya kayak Teknik Informatika atau Sistem Informasi, pastinya banyak banget yang mau daftar. Makanya, pesaingannya jadi makin ketat.

Bayangin aja, banyak calon mahasiswa yang pengen masuk jurusan yang sama kayak kalian. Ini artinya, passing grade buat jurusan-jurusan ini bisa jadi lebih tinggi dari biasanya. So, kalo mau masuk jurusan yang lagi nge-hits, harus persiapkan diri dengan matang!

2. Jumlah Daya Tampung

Nah, ini nih yang bisa bikin kalian deg-degan. Kalo jumlah daya tampung di jurusan yang kalian incar itu terbatas banget, ya, persaingannya bakal super ketat. Bayangin aja, misalnya ada 100 kursi tapi yang daftar bisa sampe 1000 orang. Gila, kan? Jadi, ini bisa jadi alasan kenapa passing grade-nya bisa melambung tinggi.

3. Prestasi Sekolah

Ini juga ngaruh lho! Kalo sekolah kalian punya reputasi yang bagus, misalnya sering menang lomba atau punya guru-guru hebat, itu bisa jadi nilai tambahan buat kalian waktu seleksi masuk UIN RADEN MAS SAID. Jadi, kalo kalian dari sekolah yang bagus, manfaatin itu buat nambah poin plus!

4. Nilai Ujian

Yang satu ini jelas, guys! Nilai kalian di ujian masuk UIN RADEN MAS SAID itu penentu banget. Semakin bagus nilai kalian, semakin besar peluangnya buat masuk. Jadi, gak ada pilihan lain kecuali rajin belajar dan persiapkan diri sebaik mungkin!

5. Kebijakan UIN RADEN MAS SAID

Seringkali kebijakan di UIN RADEN MAS SAID bisa berubah-ubah. Mungkin tahun ini mereka nerapin sistem seleksi baru atau ngeubah kuota untuk setiap jurusan. Nah, hal-hal kayak gini juga bisa ngaruhin passing grade, loh. Jadi, harus tetep update dengan informasi terbaru dari UIN RADEN MAS SAID.

Tips Agar Lolos Seleksi Masuk UIN RADEN MAS SAID

Jadi, kalian pengen banget lolos seleksi di UIN RADEN MAS SAID, kan? Gue, si mimin Remajakampus.com, bakal bagi-bagi tips supaya kalian bisa sukses! Gini nih caranya:

1. Pahami Pola Soal

Sebelumnya, penting banget nih buat kalian untuk ngehafal pola soal yang biasa keluar. Biasanya, tiap tahun ada pola tertentu yang sering muncul, jadi kalian bisa lebih fokus belajar ke sana.

2. Practice, Practice, Practice!

Nggak ada jalan pintas, guys. Kunci suksesnya tuh ada di latihan terus-menerus. Makanya, jangan pelit buat ngasih waktu buat belajar. Semakin sering kalian latihan, semakin ngerti dan jago deh kalian.

3. Pahami Materi dengan Baik

Jangan cuman hapal-hapalin doang, tapi usahain banget untuk ngertiin konsep-konsep yang diajarin. Kalian harus bisa apply itu semua pas lagi ngelakuin soal nanti.

4. Jaga Kesehatan

Ini penting banget, guys! Jangan sampe karena sibuk belajar, kalian lupa sama kesehatan kalian sendiri. Pastiin kalian cukup istirahat dan makan yang sehat biar otak kalian tetep fit pas ujian.

5. Pantengin Informasi Terbaru

Nah, jangan lupa juga buat terus update sama info-info terbaru seputar ujian PTN. Siapa tau ada perubahan atau tambahan materi yang harus kalian siapin.

6. Jangan Panik Pas Ujian

Ini penting banget, guys. Pas lagi ujian, jangan sampe panik. Tenangin pikiran kalian, dan fokus ke soal yang ada di depan mata. Paniknya ntar aja setelah selesai ujian.

Jadi, itu dia beberapa tips dari mimin. Semoga bisa ngebantu kalian buat sukses lolos seleksi masuk UIN RADEN MAS SAID!

Penutup

Nah, itulah tadi segala informasi terkait Passing Grade UIN RADEN MAS SAID terbaru yang berhasil mimin Remajakampus.com rangkum buat kalian.

Semoga dengan adanya informasi ini, kalian jadi lebih siap menghadapi proses seleksi masuk ke kampus UIN RADEN MAS SAID. Ingat, jangan terlalu stres atau terlalu santai, karena yang penting adalah kalian tetap berusaha semaksimal mungkin.

Apapun hasilnya, percayalah bahwa setiap usaha pasti ada hasilnya. Semangat terus, teman-teman!

Dan tentunya, stay tuned untuk informasi-informasi menarik lainnya dari mimin di artikel selanjutnya. Sampai jumpa dan selamat berjuang!